Service atau pelayanan merupakan hal
terpenting dalam dunia usaha. Pelanggan akan senang dengan suatu perusahaan dan
produk yang ditawarkan jika pelayanannya memuaskan. Budaya dari pelayanan tidak
dapat muncul dengan sendirinya, tetapi ada beberapa tahapan formal yang dapat
diaplikasikan seperti melakukan riset terlebih dahulu mengenai pelanggan yang
sudah ada atau target, lalu memperkuat riset tersebut dengan budaya perusahaan,
menghargai keinginan para pelanggan dan perusahaan, mengkomunikasikannya secara
baik dan membantu para pelanggan secara empatis.
Hal yang terlihat sederhana
seperti ini tidak mudah pada saat pengaplikasian. Mengubah budaya dari suatu
perusahaan dan mempersuasi para pelanggan dengan memberikan service memerlukan
waktu dan perencanaan yang baik agar berjalan dengan lancar. Hal ini dapat
dilakukan dengan bantuan para praktisi atau konsultan yang bergerak di bidang
terkait.
For more details on Consumer Behavior, please contact:
KIRTI PARKASH
+62 21 8378 3288
kirti.parkash@frontlinerinc.com
No comments:
Post a Comment