Ser-Qual atau kualitas pelayanan merupakan
sebuah hal yang perlu diperhatikan secara mendetil dalam melayani pelanggan. Perusahaan
kecil maupun besar perlu memberikan pelayanan dengan kualitas yang terbaik agar
para pelanggan pun akan lebih puas dan kembali lagi kepada perusahaan tersebut.
Namun, apakah memperhatikan hanya Service Quality itu cukup?
Dalam zaman pasar yang kompetitif
seperti sekarang, ekspektasi pelanggan terhadap perusahaan, baik dalam hal
produk maupun pelayanan sudah semakin meningkat. Dalam satu sisi, perusahaan
senantiasa mendesain tujuan mereka agar dapat memenuhi ekspektasi pelanggan dan
di sisi lain, mencapai tujuan utama perusahaan itu sendiri. Ekspektasi
perusahaan dan pelanggan terkadang tidak sejalan, dan hal ini memicu salah satu
dari kedua aspek tersebut untuk “dikalahkan” pada akhirnya. Setiap sisi pasti
akan menginginkan yang terbaik, tetapi apakah memadai untuk dipenuhi?
Perusahaan secara umum mengatur strategi mereka
dengan cara dimana mereka bisa mencapai tujuan mereka secara "profitable”,
tetapi terkadang hal ini dapat menekan biaya yang sebenarnya dapat digunakan
untuk meningkatkan kualitas produk atau layanan yang diberikan. Lalu, apakah
hanya memperhatikan konsep Ser-Qual itu sudah cukup dalam pasar kompetitif
seperti saat ini?
For more details on Consumer Behavior, please contact:
KIRTI PARKASH
+62 21 8378 3288
kirti.parkash@frontlinerinc.com
Safal Trading Pvt.Ltd organization is now a major COMMODITY research advisory organization which provides professionals ideas for commodity and mcx market.
ReplyDeleteCommodity Market Tips Services