Dalam bisnis, pasti terdapat saat
dimana minat pasar dan penjualan akan naik dan digemari. Dalam sisi lain,
bisnis juga bisa mengalami penurunan dimana penjualan dan minat pasar sudah
tidak bisa memberikan pemasukan yang lebih seperti sebelumnya. Ini adalah
penjelasan singkat dari tangga kehidupan produk, dimana tangga ini dimulai dari
saat produk tersebut diperkenalkan atau di uji coba di pasaran, hingga saat
dimana produk tersebut sudah kurang digemari oleh pasar, sehingga menimbulkan
penurunan pemasukan juga keuntungan dalam bisnis.
Naik dan turunnya curva tangga
kehidupan produk tergantung dari situasi pasar yang ditargetkan. Selain
kurangnya inovasi, faktor seperti tren, peraturan pemerintah hingga keperluan
konsumen menjadi bagian dari proses ini. Tangga kehidupan produk dapat
digambarkan sebagai berikut:
marketing306.wordpress.com |
- Product development: Tahap dimana
produk masih dalam proses perancangan.
- Introduction: Tahap dimana produk
baru diperkenalkan di pasar untuk menciptakan kesadaran sasaran pasar.
- Growth: Tahap dimana para sasaran
pasar sudah mulai mengenal produk yang diperkenalkan sebelumnya; terjadi
peningkatan dalam penjualan yang cukup drastis.
- Maturity: Tahap dimana pertumbuhan
penjualan sudah mencapai titik tertinggi dan keuntungan mulai masuk ke dalam
perusahaan. Dalam tahap ini, konsumen sudah mulai percaya secara penuh dengan
produk yang ditawarkan dan beberapa dari mereka menjadi loyal.
- Decline: Tahap ini merupakan tahap
yang menandakan bahwa perusahaan tersebut perlu merubah strategi penjualan
mereka, atau hingga melakukan perkembangan produk untuk bisa bertahan di
pasaran. Disini penjualan sudah mulai menurun yang diakibatkan oleh beberapa
faktor, dan mengakibatkan penghasilan perusahaan ikut menurun. Perusahaan masih
bisa bertahan dengan produk yang sama hanya dengan adanya loyalitas pelanggan
dari tahap Maturity.
Walaupun tangga kehidupan produk
(product life cycle) dapat menjadi andalan untuk mengetahui kapan produk
perusahaan perlu di ubah atau dimodifikasi, tetapi ketepatannya tidak bisa
dijamin secara penuh. Dalam dunia pemasaran, tidak ada yang pasti. Produk yang
terlihat tidak berhasil belum tentu tidak akan berhasil dalam beberapa hari
berikutnya. Waktu yang tepat adalah kunci dalam pengembangan produk, dan untuk
menentukan waktu yang tepat, beberapa faktor lain juga perlu diperhatikan
secara bersamaan dengan kurva tangga kehidupan produk itu sendiri.
For more details on Product Development, please contact:
KIRTI PARKASH
+62 21 8378 3288
kirti.parkash@frontlinerinc.com
No comments:
Post a Comment