Pages

Wednesday, November 13, 2013

Tingkatkan kualitas pelayanan dengan touch point…

Touch Point merupakan saat di mana pelanggan membentuk persepsi mengenai layanan yang sebuah perusahaan miliki. Persepsi ini biasa muncul setelah pelayanan yang diberikan oleh perusahaan tersebut secara berkali-kali, yang ditentukan dengan seberapa cocok pelayanan yang diberikan dengan keperluan konsumen itu sendiri. Proses Touch Point dipercaya dapat membantu meningkatkan kualitas pelayanan suatu perusahaan karena dengan adanya persepsi yang lahir, maka umpan balik pun diterima mengenai kekurangan dan kelebihan dari perusahaan itu sendiri.

Menurut Kelas Master Australian Businesswoman Network, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dengan touch point:

- Komunikasi dan kontak pertama: Impresi pertama sangat penting sebelum lahirnya persepsi secara keseluruhan. Jika impresi pertama tidak baik, maka kesan untuk komunikasi yang dilakukan berikutnya juga akan lebih rendah. Kekuatan dan kelemahan dari perusahaan tersebut juga akan terlihat dalam kontak pertama, melalui cara pendekatan komunikasi yang dipilih.

- Pengalaman: Hasil dari touch point bukanlah sebuah hasil yang lahir dari kesan pertama saja, tetapi kesan dari pelanggan tersebut secara keseluruhan. Konsistensi dan pelayanan yang baik perlu diberikan, walaupun mungkin kesan pertama dianggap kurang memuaskan agar pelanggan tersebut dapat memberikan dampak yang positif bagi perusahaan yang bersangkutan. Proses ini perlu dilakukan secara profesional agar dapat membangun citra positif bagi perusahaan itu sendiri.

- Pengingatan: Setiap pelanggan yang senang maupun tidak pasti akan mengingat pengalaman yang ia dapatkan dari perusahaan. Pengingatan ini harus selalu diperhatikan oleh setiap perusahaan, khususnya yang memberikan dampak positif agar dampak tersebut dapat tertahankan atau menyebar ke pelanggan lainnya. Hal-hal seperti cara sebuah perusahaan menerima dan merespon komplimen, komplain, menjaga hubungan baik dan lain sebagainya adalah beberapa faktor yang menjadi perhitungan dalam pembangunan persepsi konsumen.

For more details on Moment of Truth, please contact:
KIRTI PARKASH
+62 21 8378 3288
kirti.parkash@frontlinerinc.com

No comments:

Post a Comment