Pages

Tuesday, October 8, 2013

Apakah cukup inovatif?

Inovasi merupakan kunci terpenting dalam konteks wirausahawan sosial. Hal ini bisa menjadi kekuatan terbesar, ataupun kelemahan dengan tingkat yang sama. Sebuah pertanyaan penting perlu ditanyakan dalam setiap sektor kewirausahaan sosial, “Apakah sektor ini cukup inovatif dalam memberikan solusi ekonomi, sosial dan lingkungan?”

www.publicpolicy.telefonica.com
Perubahan yang signifikan adalah hasil yang dicari dari hasil kerja keras wirausahawan sosial, dan ini merupakan pekerjaan yang sulit. Dalam sektor ini, keberanian untuk “loncat tinggi” sangat diperlukan, tetapi dibelakang semua itu, perencanaan dan ide kreatif juga sangat diperlukan. Ide-ide seperti penggunaan limbah rumah tangga dan dikreasikan menjadi sebuah produk merupakan salah satu ide yang terlihat kecil, tetapi memberikan dampak yang besar bagi sosial, ekonomi dan lingkungan. Dengan menggunakan limbah yang dapat merusak lingkungan dan dikreasikan menjadi hal yang berguna dengan bantuan para masyarakat, bisa menjadi solusi untuk peningkatan ekonomi dan pemberdayaan lingkungan areal itu sendiri. Dengan kedua hal tersebut terpenuhi, kesejahteraan sosial pun bisa tercapai.

Contoh tersebut membuktikan betapa pentingnya sebuah kreatifitas untuk kelangsungan wirausahawan sosial, dan mencapai tujuan inti yakni kesejahteraan sosial. Kesejahteraan sosial tidak bisa dicapai dengan sendirinya, tetapi perlu dengan kombinasi solusi ekonomi juga lingkungan agar lebih maksimal.


Jadi, apakah usaha sosial anda cukup kreatif?


For more details on Social Entrepreneurship, please contact:
KIRTI PARKASH
+62 21 8378 3288
kirti.parkash@frontlinerinc.com

No comments:

Post a Comment