Pages

Tuesday, October 29, 2013

Intelijen pesaing… Pentingkah?


Proses intelijen pesaing bukanlah hal yang baru di dunia bisnis. Baik dari sisi pemasaran, pelayanan, penjualan dan lain sebagainya, intelijen pesaing merupakan salah satu aktifitas yang penting, khususnya untuk meningkatkan standar yang ingin diberikan. Banyak sekali pebisnis juga organisasi yang melakukan hal ini sebagai tolak ukur untuk meningkatkan kualitas standar yang sudah ada, tetapi ada juga yang melakukannya hanya untuk sekedar mendapatkan informasi lebih dari kompetitor. Dalam pengertian yang sebenarnya, proses inteligen pesaing dilakukan bukan sebagai alat untuk mendapatkan informasi aktifitas kompetitor, tetapi sebagai alat pembantu bisnis untuk mencapai keuntungan yang ditentukan, kemandirian dan kemampuan berkompetisi dengan kompetitor itu sendiri.

Dalam dunia bisnis, proses intelijen pesaing merupakan hal yang sah, asalkan proses yang dilakukan tidak menentang dengan hak, copyright, juga paten dari kompetitor itu sendiri. Melakukan proses ini dasarnya tidak digunakan semata untuk mengetahui seperti apa kompetitor kita, tetapi lebih sebagai pendukung dari pengambilan keputusan bisnis.

Pengambilan keputusan secara strategis dapat dilakukan dengan berbasis beberapa faktor yaitu faktor ekonomi, keahlian sumber daya dalam perusahaan hingga keadaan pasar juga kompetitor. Belajar dan menggunakan tolak ukur dari para kompetitor pun menjadi pilihan dalam hal ini. Terkadang, survival dari suatu perusahaan bisa terjadi karena proses ini, karena beberapa ilmu yang mungkin diketahui oleh kompetitor dan kurang di perusahaan Anda.


Sebuah kutipan dari Sun Tzu, seorang ahli yang terkenal dalam strategi perangnya, pernah mengatakan bahwa, “Jika Anda kenal diri sendiri, tetapi bukan musuh Anda – untuk setiap kemenangan yang didapat, Anda akan merasakan kekalahan berikutnya.” Dalam hal ini, kenali perusahaan Anda, keperluannya hingga carilah informasi yang akan membantu perusahaan Anda berkembang, bersama dengan kompetitor Anda.


For more details on Competitor Intelligence, please contact:
KIRTI PARKASH
+62 21 8378 3288

kirti.parkash@frontlinerinc.com

No comments:

Post a Comment