Pages

Thursday, October 31, 2013

Level ke-2, intelijen yang berlanjut…

Setelah tahapan awal dimana perencanaan dan evaluasi perencanaan tersebut dilakukan, tahap kedua dan yang paling utama dalam proses intelijen pesaing ini adalah analisis. Analisis dalam kerangka intelijen pesaing adalah sebuah proses yang melibatkan proses produksi dan komunikasi dimana analisa dari data dan informasi yang didapatkan diolah menjadi hal yang berguna bagi perusahaan yang terkait.

Dalam penjelasan yang lebih, proses analisis dalam kerangka intelijen kompetitor adalah menganalisa sebuah informasi yang diperoleh dengan menggunakan alat analisa. Strategy canvas merupakan salah satunya.

Analisis merupakan proses yang tidak mudah, karena proses pengambilan keputusan muncul dari analisa yang diinterpretasikan. Sangat jelas jika hasil yang keluar tidak sesuai, maka pelaksanaan dan keputusan yang diambil pun akan merugikan perusahaan. Seperti yang selalu dipercaya dalam proses analisa intelijen kompetitor, operasional pada akhirnya harus mengembangkan sebuah pola dan teknik analisa yang terintregrasi besama dengan perencanaan level 1, dan hal ini membuktikan betapa pentingnya perencanaan dan analisa yang tepat sebelum pelaksanaan di lapangan. Makna dari analisa itu juga harus jelas agar melancarkan proses dari awal hingga akhir, tanpa memicu kebinggungan pada tahapan-tahapan yang ada.


For more details on Competitor Intelligence and its Analysis, please contact:
KIRTI PARKASH
+62 21 8378 3288
kirti.parkash@frontlinerinc.com

No comments:

Post a Comment