Pages

Friday, October 4, 2013

Menghadapi resiko?

Kewirausahaan sosial, seperti sektor bisnis lainnya tidak luput dari resiko bisnis, maupun tujuan mereka bukan untuk mengejar keuntungan moneter. Sebenarnya, di dalam setiap kegiatan sehari-hari pun, pasti akan terdapat suatu resiko, baik kecil maupun besar yang harus dipersiapkan.

Beberapa resiko yang mungkin dihadapi dan harus dipersiapkan untuk sektor kewirausahaan sosial meliputi:

-> Gagal dalam mencapai tujuan – susahnya sumber daya akan membuat proses untuk mencapai tujuan tepat waktu lebih sulit, atau dalam jangka waktu yang panjang, akan menggagalkan tujuan utamanya.

-> Ekspektasi yang kurang realistis – terkadang, beberapa wirausaha sosial terlalu mengharapkan donasi dan dukungan yang tinggi, yang mengakibatkan perencanaan mereka terlalu tinggi dari yang bisa dilakukan.

-> Proses pemasaran yang kurang – beberapa sektor kewirausahawan sosial tidak memiliki departemen khusus untuk memasarkan usaha mereka, dan pada akhirnya usaha mereka pun tidak dikenal oleh masyarakat. Dalam hal ini, aliran keuangan pun beresiko tersendat.  


Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, resiko dalam sebuah bisnis pasti ada, tetapi bagaimana caranya kita mempersiapkan dan merencanakan resiko yang bisa prediksi sebelumnya merupakan seni tersendiri.


For more details on Social Entrepreneurship, please contact:
KIRTI PARKASH
+62 21 8378 3288
kirti.parkash@frontlinerinc.com

No comments:

Post a Comment