Pages

Tuesday, October 22, 2013

Tangga kehidupan produk

Dalam bisnis, pasti terdapat saat dimana minat pasar dan penjualan akan naik dan digemari. Dalam sisi lain, bisnis juga bisa mengalami penurunan dimana penjualan dan minat pasar sudah tidak bisa memberikan pemasukan yang lebih seperti sebelumnya. Ini adalah penjelasan singkat dari tangga kehidupan produk, dimana tangga ini dimulai dari saat produk tersebut diperkenalkan atau di uji coba di pasaran, hingga saat dimana produk tersebut sudah kurang digemari oleh pasar, sehingga menimbulkan penurunan pemasukan juga keuntungan dalam bisnis.


Naik dan turunnya curva tangga kehidupan produk tergantung dari situasi pasar yang ditargetkan. Selain kurangnya inovasi, faktor seperti tren, peraturan pemerintah hingga keperluan konsumen menjadi bagian dari proses ini. Tangga kehidupan produk dapat digambarkan sebagai berikut:

marketing306.wordpress.com
- Product development: Tahap dimana produk masih dalam proses perancangan.

- Introduction: Tahap dimana produk baru diperkenalkan di pasar untuk menciptakan kesadaran sasaran pasar.
- Growth: Tahap dimana para sasaran pasar sudah mulai mengenal produk yang diperkenalkan sebelumnya; terjadi peningkatan dalam penjualan yang cukup drastis.

- Maturity: Tahap dimana pertumbuhan penjualan sudah mencapai titik tertinggi dan keuntungan mulai masuk ke dalam perusahaan. Dalam tahap ini, konsumen sudah mulai percaya secara penuh dengan produk yang ditawarkan dan beberapa dari mereka menjadi loyal.

- Decline: Tahap ini merupakan tahap yang menandakan bahwa perusahaan tersebut perlu merubah strategi penjualan mereka, atau hingga melakukan perkembangan produk untuk bisa bertahan di pasaran. Disini penjualan sudah mulai menurun yang diakibatkan oleh beberapa faktor, dan mengakibatkan penghasilan perusahaan ikut menurun. Perusahaan masih bisa bertahan dengan produk yang sama hanya dengan adanya loyalitas pelanggan dari tahap Maturity.


Walaupun tangga kehidupan produk (product life cycle) dapat menjadi andalan untuk mengetahui kapan produk perusahaan perlu di ubah atau dimodifikasi, tetapi ketepatannya tidak bisa dijamin secara penuh. Dalam dunia pemasaran, tidak ada yang pasti. Produk yang terlihat tidak berhasil belum tentu tidak akan berhasil dalam beberapa hari berikutnya. Waktu yang tepat adalah kunci dalam pengembangan produk, dan untuk menentukan waktu yang tepat, beberapa faktor lain juga perlu diperhatikan secara bersamaan dengan kurva tangga kehidupan produk itu sendiri.   


For more details on Product Development, please contact:
KIRTI PARKASH
+62 21 8378 3288
kirti.parkash@frontlinerinc.com

No comments:

Post a Comment