Proses intelijen pesaing bukanlah
hal yang baru di dunia bisnis. Baik dari sisi pemasaran, pelayanan, penjualan
dan lain sebagainya, intelijen pesaing merupakan salah satu aktifitas yang
penting, khususnya untuk meningkatkan standar yang ingin diberikan. Banyak sekali
pebisnis juga organisasi yang melakukan hal ini sebagai tolak ukur untuk
meningkatkan kualitas standar yang sudah ada, tetapi ada juga yang melakukannya
hanya untuk sekedar mendapatkan informasi lebih dari kompetitor. Dalam
pengertian yang sebenarnya, proses inteligen pesaing dilakukan bukan sebagai
alat untuk mendapatkan informasi aktifitas kompetitor, tetapi sebagai alat
pembantu bisnis untuk mencapai keuntungan yang ditentukan, kemandirian dan
kemampuan berkompetisi dengan kompetitor itu sendiri.
Dalam dunia bisnis, proses
intelijen pesaing merupakan hal yang sah, asalkan proses yang dilakukan tidak
menentang dengan hak, copyright, juga
paten dari kompetitor itu sendiri. Melakukan proses ini dasarnya tidak digunakan
semata untuk mengetahui seperti apa kompetitor kita, tetapi lebih sebagai
pendukung dari pengambilan keputusan bisnis.
Pengambilan keputusan secara
strategis dapat dilakukan dengan berbasis beberapa faktor yaitu faktor ekonomi,
keahlian sumber daya dalam perusahaan hingga keadaan pasar juga kompetitor.
Belajar dan menggunakan tolak ukur dari para kompetitor pun menjadi pilihan
dalam hal ini. Terkadang, survival
dari suatu perusahaan bisa terjadi karena proses ini, karena beberapa ilmu yang
mungkin diketahui oleh kompetitor dan kurang di perusahaan Anda.
Sebuah kutipan dari Sun Tzu,
seorang ahli yang terkenal dalam strategi perangnya, pernah mengatakan bahwa, “Jika
Anda kenal diri sendiri, tetapi bukan musuh Anda – untuk setiap kemenangan yang
didapat, Anda akan merasakan kekalahan berikutnya.” Dalam hal ini, kenali
perusahaan Anda, keperluannya hingga carilah informasi yang akan membantu
perusahaan Anda berkembang, bersama dengan kompetitor Anda.
For more details on Competitor Intelligence, please contact:
KIRTI PARKASH
+62 21 8378 3288
kirti.parkash@frontlinerinc.com
No comments:
Post a Comment