Panca Indera merupakan sebuah penciptaan
yang luar biasa dalam dunia ini. Panca Indera tidak akan pernah membohongi
mengenai apa yang dialaminya. Dengan kekuatan yang dimilikinya, touch point konsumen menggunakan proses
panca indera untuk mengetahui apa yang dialami pelanggannya dan mengetahui
umpan balik persepsi yang dipercaya akan membantu banyak dalam suatu aktifitas
bisnis. Umpan balik merupakan kunci yang penting untuk perusahaan, karena moment of truth yang baik dan benar
didasarkan dari riset dan umpan balik pelanggan. Untuk mengetahui sebuah produk
atau layanan yang diberikan adalah per ekspektasi, maka cara inilah yang selalu
disarankan.
Untuk mendapatkan umpan balik,
maka pelanggan tersebut perlu memiliki pengalaman terhadap produk atau
pelayanan tersebut. Permainan panca indera sangat tinggi dalam hal ini, karena
pengalaman panca indera inilah yang akan memberikan sinyal kepada otak mengenai
apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dicium dan dicoba. Keseluruhan hasil
dari sinyal tersebut akan melahirkan persepsi dari pelanggan tersebut, dan
biasanya karena pengalaman tersebut adalah pengalaman pribadi, maka efeknya pun
akan bertahan lama. Efek dari persepsi tidak hanya bertahan dengan satu
individu saja, dengan adanya pertemanan, perkembangan teknologi dan komunikasi,
word of mouth bisa terjadi dan citra juga
kesuksesan perusahaan akan bergantung pada hal ini.
For more details on Moment of Truth, please contact:
KIRTI PARKASH
+62 21 8378 3288
kirti.parkash@frontlinerinc.com
No comments:
Post a Comment