Perusahaan berukuran kecil
maupun besar pasti akan melakukan analisa pasar sebelum melakukan inovasi
produk atau mencari peluang. Analisa perlu dilakukan secara akurat agar hasil
yang didapatkannya pun akan memuaskan atau tidak terlalu jauh dari jawaban yang
dicari.
Para peneliti pasar selalu
mencari jalan yang terbaik untuk mencapai analisa yang akurat, dan salah satu
cara adalah dengan memasang “radar” di area yang ingin diteliti atau di
analisa. PSBS Model merupakan salah satu radar, dimana untuk menganalisa
industri kompetitor secara keseluruhan, peneliti akan memerhatikan faktor
seperti pendatang potensial, pembeli, substitusi hingga pemasok. Setiap faktor
tersebut akan memberi kontribusi yang tinggi dalam kegiatan pasar dan jika
peneliti melupakan satu faktor aja, terdapat kemungkinan analisa yang dilakukan
memberikan hasil yang tidak tepat, dan pada akhirnya, proses pengambilan
keputusan juga akan terganggu. Model PSBS yang berkesinambungan membuktikan
betapa pentingnya setiap faktor yang terlibat, dan menjadikan sebuah radar
analisa yang bernilai harganya.
For more details on Applied Selling, please contact:
KIRTI PARKASH
+62 21 8378 3288
kirti.parkash@frontlinerinc.com
No comments:
Post a Comment