Untuk memberikan pelayanan yang
cocok dengan keinginan para konsumen, kita sebagai “gatekeeper” perusahaan
harus bisa memberikannya sesuai dengan standar yang diinginkan kedua belah
pihak. Untuk itu, pengertian terhadap kompetensi diri sendiri sangat
diperlukan, untuk memastikan kita bisa mencapai keinginan tersebut. Terdapat
tiga kompetensi inti di dalam diri kita yang meliputi Pengetahuan, Ketrampilan
dan Sikap.
Dalam Pengetahuan, beberapa
kemampuan umum yang perlu ditingkatkan adalah mengenai produk / pelayanan,
kekuatan / kelemahan, pengetahuan umum dan sebagainya.
Memasuki ketrampilan, tingkatkan
hal yang berhubungan dengan tanggung jawab dan kewajiban secara efektif dan
efisien. Terdapat dua hal yang terbagi dalam keterampilan yaitu soft skill (interaksi dengan pelanggan)
dan hard skill (kemampuan teknis).
Sikap juga perlu ditingkatkan
dalam kompetensi diri, selain Pengetahuan dan Ketrampilan. Dalam hal ini,
peningkatan yang dapat dilakukan meliputi kemampuan untuk mengatur diri yang
berhubungan dengan integritas, keandalan dan kredibilitas.
Ketiga kompetensi tersebut
merupakan hal paling inti. Dengan meningkatkan kompetensi tersebut, kesempatan
untuk bisa mengerti konsumen dan memberikan yang terbaik akan lebih tinggi.
Pahamilah pengetahuan, ketrampilan dan sikap
anda.
For more details on soft skill and hard skill, please contact:
KIRTI PARKASH
+62 21 8378 3288
kirti.parkash@frontlinerinc.com
No comments:
Post a Comment