Menurut
kamusbesar.com, umpan balik didefinisikan sebagai hasil atau akibat yg berguna bagi kita sebagai rangsangan
atau dorongan untuk bertindak lebih lanjut. Dengan kata lain, pengertian dari
suatu pesan komunikasi yang diterima dimengerti dengan jelas, dan penerima
tersebut memberikan jawaban untuk pesan yang diterimanya, baik dalam secara
lisan, tertulis, ataupun tindakan. Dalam dunia bisnis, khususnya bidang
pelayanan, mendapatkan umpan balik dari orang lain merupakan hal yang penting,
karena dengan dilakukannya hal ini, para staff
yang bertanggung jawab dalam bidang pelayanan dapat mengenal diri dan
kompetensi mereka dengan baik, dan memberikan yang terbaik terhadap pelanggan. Kritikan
dari umpan balik bukanlah suatu hal yang negatif, tetapi merupakan hal yang
bisa menjadi cermin bagi diri kita.
Pertanyaan ini mungkin
saja muncul di benak pikiran anda, kepada siapakah saya harus meminta umpan
balik? Siapakah yang kompeten dalam memberikan saya kritikan untuk cermin diri
saya? Beberapa orang yang bisa memberikan anda saran terbaik adalah orang-orang
di sekitar kita yang kita kenal, dapat dipercaya dan dapat memberikan solusi.
Pilihan orang sebagai cermin kita sangatlah penting, karena merekalah yang akan
memberitahukan apakah kita di depan orang lain, bagaimana orang memandang kita
dan sebagainya.
Dari semua hal tersebut,
hal yang paling utama adalah sifat keterbukaan kita terhadap umpan balik,
karena sebanyak apapun umpan balik yang diberikan atau sebanyak apapun “cermin”
yang bersedia membantu kita, tetapi tanpa adanya keinginan dan keterbukaan dari
diri kita sendiri, semuanya akan menjadi sia-sia.
For more details on Feedback in Consumer Behavior, please contact:
KIRTI PARKASH
+62 21 8378 3288
kirti.parkash@frontlinerinc.com
For more details on Feedback in Consumer Behavior, please contact:
KIRTI PARKASH
+62 21 8378 3288
kirti.parkash@frontlinerinc.com
No comments:
Post a Comment