Pages

Thursday, October 3, 2013

Menipisnya garis perbedaan nirlaba, sektor publik dan pribadi

Pertumbuhan dari sektor nirlaba yang mengalami peningkatan cukup tinggi, menimbulkan suatu pertanyaan dari beberapa kalangan, apakah peningkatan ini akan menimbulkan garis yang menipis antara sektor nirlaba, publik dan pribadi?

Pada umumnya, sektor bisnis menyediakan produk dan pelayanan yang diperlukan masyarakat, membantu meningkatkan kesejahteraan, meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan memberikan inovasi untuk mencapai keuntungan juga untuk mendapatkan umpan balik yang positif dari pasar.

Dalam sisi lainnya, sektor nirlaba juga memberikan hal yang diperlukan masyarakat, tetapi sektor ini lebih memperhatikan masyarakat lebih detil. Sektor ini lebih memastikan bahwa masyarakat mendapatkan hal-hal inti dengan pas, seperti air minum, makanan, tempat tinggal, edukasi, pelayanan kesehatan dan keperluan inti lainnya. Nilai-nilai kemanusiaan sangat diperhatikan, hampir sama dengan sektor publik, yang memiliki tujuan inti mencapai kesejahteraan juga kepuasan masyarakat.

Jika dilihat dari penjelasan diatas, menipisnya garis dari ketiga sektor tersebut mulai terlihat. Apalagi ditambah dengan beberapa sektor bisnis atau pribadi yang mulai bergeser ataupun berkolaborasi dengan sektor nirlaba atau publik, mencampur kepentingan bisnis juga sosial dalam prosesnya. Beberapa tren mulai bermunculan seperti Corporate Social Responsibility yang menjadikan alasan untuk melakukan kolaborasi ini.

Sebenarnya, perbedaan yang signifikan dalam ketiga sektor tersebut adalah tujuannya. Sektor pribadi biasanya memaksimalkan keuntungan moneter untuk dikembalikan ke pemilik, sedangkan sektor publik juga nirlaba lebih memperuntungkan keuntungan sosial. Dengan adanya kolaborasi, para pemilik dari sektor pribadi juga akan memperhatikan hal-hal yang umum di sektor publik dan nirlaba, dan dengan cara ini secara tidak langsung, garis perbedaan yang ada akan menipis. Pengertian dan perbedaan yang ada pun akan merefleksikan maksud dan tujuan yang berbeda pula.



For more details on Social Entrepreneurship, please contact:
KIRTI PARKASH
+62 21 8378 3288

kirti.parkash@frontlinerinc.com

No comments:

Post a Comment