Pages

Friday, October 18, 2013

Pengembangan produk, rencana vs pelaksanaan

leontroyer.info
Dalam segala hal, sebuah rencana perlu dipersiapkan sebelum menjalankan proses yang diinginkan. Rencana seperti yang sering kita dengar, adalah fondasi dari pelaksanaan proses yang akan dilaksanakan. Tetapi, apakah semua rencana akan membuahkan hasil yang sukses pada akhirnya?

Dalam pengembangan produk, terdapat beberapa hal yang menjadi bagian dari perencanaan, yang termasuk:
Idea generation – screening dan refinement – test marketing – go national


Mungkin dari perencanaan yang sudah dibuat diatas, semua akan menganggap proses ini sangatlah mudah. Apalagi dengan rencana yang sudah di “plot” secara tepat, eksekusinya pastinya akan lebih mudah. Tapi terkadang, apa yang direncanakan tidak semua bisa terjadi seperti yang diinginkan. Beberapa contoh proses yang terjadi, jauh dari pemikiran dari rencana yang semestinya terjadi:

Kegembiraan dari rencana yang dibuat – membawa kekecewaan karena tidak berhasil – kebingungan – mencari kesalahan dari orang lain -  menghukum yang tidak bersalah – tidak mendapatkan solusi.


Hal ini bisa terjadi dengan siapapun, jika rencana yang dibuat tidak berhasil dan mengakibatkan kerugian pada akhir hasilnya. Dalam hal ini, pengertian bahwa tidak semua rencana bisa berhasil secara total harus mulai ditanamkan, agar jika masalah seperti ini muncul, realitas pun bisa diterima dengan baik dan pencarian solusi akan menjadi lebih efektif, dibandingkan dengan individu yang terpaku oleh rencana dan panik pada saat realitas kerja.


Ingat, perbedaan bisa terjadi dalam rencana vs realitas, tetapi bagaimana seorang individu itu menghadapinya, merupakan pilihan tersendiri.

No comments:

Post a Comment