Pages

Wednesday, October 2, 2013

Sektor nirlaba dalam perubahan sosial..

Sektor nirlaba sekarang menjadi bagian yang besar dalam terjadinya perubahan sosial. Kontribusi yang diberikan dalam segi inovasi, ide dan dukungan menjadi beberapa faktor yang membuat sektor nirlaba diperhatikan lebih.

Seperti yang diketahui, sektor nirlaba merupakan sektor yang tidak mengharapkan profit dari aktifitas yang dilakukan. Dengan mengetahui hal tersebut secara jelas, dalam sisi lain, banyak kalangan mulai bergeser ke sektor ini dan berkontribusi kepada masyarakat sekitar ataupun hingga konteks Negara. Dulu hal ini dianggap taboo, tetapi di era seperti sekarang, pertumbuhan sektor nirlaba sudah mulai terlihat, beberapa karena keinginan, beberapa karena memenuhi syarat CSR (Corporate Social Responsibility). Biasanya, keuntungan yang ingin diraih bukan sekedar dalam bentuk uang, tetapi lebih condong kepada nama baik hingga kesejahteraan masyarakat. Dukungan masyarakat sangat diperlukan dalam proses ini.

Organisasi nirlaba biasanya bergerak dalam bidang edukasi, kesehatan atau keperluan sosial seperti keagamaan atau lainnya. Beberapa bidang khusus seperti penanaman pohon, pembangunan rumah sudah mulai terlihat di luar Indonesia, yang membuktikan betapa kuatnya sektor ini. Banyak masyarakat yang sudah mulai terlibat dan merasakan keuntungan dari sektor nirlaba, dan mulai mendukung penuh kegiatan ini.


“Saya percaya bahwa seni adalah cara yang terbaik dalam membuat perubahan sosial.” ~ Pedro Reyes


For more details on Entrepreneurship, please contact:
KIRTI PARKASH
+62 21 8378 3288
kirti.parkash@frontlinerinc.com

No comments:

Post a Comment