Pages

Thursday, September 19, 2013

Umpan balik, cermin diri

Menurut kamusbesar.com, umpan balik didefinisikan sebagai hasil atau akibat yg berguna bagi kita sebagai rangsangan atau dorongan untuk bertindak lebih lanjut. Dengan kata lain, pengertian dari suatu pesan komunikasi yang diterima dimengerti dengan jelas, dan penerima tersebut memberikan jawaban untuk pesan yang diterimanya, baik dalam secara lisan, tertulis, ataupun tindakan. Dalam dunia bisnis, khususnya bidang pelayanan, mendapatkan umpan balik dari orang lain merupakan hal yang penting, karena dengan dilakukannya hal ini, para staff yang bertanggung jawab dalam bidang pelayanan dapat mengenal diri dan kompetensi mereka dengan baik, dan memberikan yang terbaik terhadap pelanggan. Kritikan dari umpan balik bukanlah suatu hal yang negatif, tetapi merupakan hal yang bisa menjadi cermin bagi diri kita.

Pertanyaan ini mungkin saja muncul di benak pikiran anda, kepada siapakah saya harus meminta umpan balik? Siapakah yang kompeten dalam memberikan saya kritikan untuk cermin diri saya? Beberapa orang yang bisa memberikan anda saran terbaik adalah orang-orang di sekitar kita yang kita kenal, dapat dipercaya dan dapat memberikan solusi. Pilihan orang sebagai cermin kita sangatlah penting, karena merekalah yang akan memberitahukan apakah kita di depan orang lain, bagaimana orang memandang kita dan sebagainya.


Dari semua hal tersebut, hal yang paling utama adalah sifat keterbukaan kita terhadap umpan balik, karena sebanyak apapun umpan balik yang diberikan atau sebanyak apapun “cermin” yang bersedia membantu kita, tetapi tanpa adanya keinginan dan keterbukaan dari diri kita sendiri, semuanya akan menjadi sia-sia.   


For more details on Feedback in Consumer Behavior, please contact:
KIRTI PARKASH
+62 21 8378 3288

kirti.parkash@frontlinerinc.com

No comments:

Post a Comment