Perubahan pasti terjadi. Terkadang perubahan yang terjadi akan memberikan pengaruh yang cukup besar kepada suatu perusahaan atau aktifitas penjualan, apalagi jika supervisor dari kelompok sales tersebut tidak proaktif terhadap perbuahan di sekitarnya. Sebagai sales supervisor, memikirkan mengenai hal-hal dalam kekuatan perubahan perlu dilakukan secara serius agar hal ini dapat membawa pengaruh yang besar kepada situasi kompetisi juga pelanggan dari perusahaan itu sendiri.
Sales supervisor dalam
sebuah perusahaan yang mengikuti analisa 5 faktor kompetisi industri (PSBS)
biasanya lebih fokus terhadap perubahan yang terjadi di dalam konteks pemasok
dan pembeli sebagai yang utama, barulah fokus berlanjut terhadap konteks
pendatang baru yang potensial dan substitusi produk atau perusahaan.
Beberapa hal yang dapat
menjadi kekuatan fokus dalam konteks pemasok meliputi pertanyaan:
- Apakah ada hal baru dalam
“aturan permainan” yang menjawab kebutuhan pelanggan?
- Apakah para kompetitor mengimplementasikan
pendekatan strategi pasar yang kreatif?
- Apakah tingkat kompetensi di
pasar sangat intensif sehingga menyulitkan produk perusahaan?
Lalu, hal berikutnya yang
menjadi kekuatan fokus adalah pertanyaan dalam konteks pembeli:
- Apakah pelanggan menjadi
semakin demanding?
- Apakah pendekatan kreatif
dari kompetitor lebih diterima?
- Apakah kemampuan daya beli
pelanggan semakin naik atau justru turun?
For more details on Applied Selling, please contact:
KIRTI PARKASH
+62 21 8378 3288
kirti.parkash@frontlinerinc.com
No comments:
Post a Comment