Dalam melakukan analisa
SWOT tidak hanya proses menganalisa keempat unsur inti saja yang dilakukan,
tetapi proses untuk mencari tahu kunci permasalahan, strategi implikasi dan
niat dari pembangunan strategi tersebut juga perlu diperhatikan. Proses
pemetaan dari SWOT akan lebih kuat dengan dukungan kunci dan strategi-strategi
tersebut.
Cara yang paling
mudah adalah dengan pemetaan secara lengkap SWOT atau TOWS dari perusahaan,
yaitu memperhatikan Ancaman (threat), Peluang (opportunity), Kelemahan
(weakness) dan Kekuatan (strength) dari produk yang ada. Lalu, rangkum beberapa
isu yang terjadi di lingkungan sekitar yang berkaitan, dan harus segera ditindak
lanjuti, berikut dengan implikasinya. Setelah semua sudah dipersiapkan, buat
arahan niat dari strategi itu sendiri (Strategic intent) sebagai acuan dalam
memandu strategi di pasar. Dalam sisi strategic intent, hal ini memberikan
arahan dan memungkinkan sales supervisor untuk merencanakan sumber daya yang
dibutuhkan. Tanpa arahan yang jelas, SWOT atau TOWS analysis tidak akan
mendapatkan tujuan yang pas karena fokusnya yang minim.
For more details on Applied Selling, please contact:
KIRTI PARKASH
+62 21 8378 3288
kirti.parkash@frontlinerinc.com
No comments:
Post a Comment