Pages

Friday, December 27, 2013

Kunci dan Implementasi SWOT…

Dalam melakukan analisa SWOT tidak hanya proses menganalisa keempat unsur inti saja yang dilakukan, tetapi proses untuk mencari tahu kunci permasalahan, strategi implikasi dan niat dari pembangunan strategi tersebut juga perlu diperhatikan. Proses pemetaan dari SWOT akan lebih kuat dengan dukungan kunci dan strategi-strategi tersebut.


Cara yang paling mudah adalah dengan pemetaan secara lengkap SWOT atau TOWS dari perusahaan, yaitu memperhatikan Ancaman (threat), Peluang (opportunity), Kelemahan (weakness) dan Kekuatan (strength) dari produk yang ada. Lalu, rangkum beberapa isu yang terjadi di lingkungan sekitar yang berkaitan, dan harus segera ditindak lanjuti, berikut dengan implikasinya. Setelah semua sudah dipersiapkan, buat arahan niat dari strategi itu sendiri (Strategic intent) sebagai acuan dalam memandu strategi di pasar. Dalam sisi strategic intent, hal ini memberikan arahan dan memungkinkan sales supervisor untuk merencanakan sumber daya yang dibutuhkan. Tanpa arahan yang jelas, SWOT atau TOWS analysis tidak akan mendapatkan tujuan yang pas karena fokusnya yang minim.

For more details on Applied Selling, please contact:
KIRTI PARKASH
+62 21 8378 3288
kirti.parkash@frontlinerinc.com

No comments:

Post a Comment