Penampilan dapat membuat citra
dan kesan tersendiri bagi setiap individu. Penampilan dapat menjadi sarana
komunikasi, cermin citra diri hingga cermin dari citra organisasi itu sendiri. Melebihi
dari penampilan dalam bentuk busana, terdapat beberapa hal yang menjadi
penilaian dari citra dan kesan pertama. Kesan pertama secara keseluruhan
dinilai dari penampilan busana, ekspresi wajah dan senyuman, cara berjabat
tangan, cara berbicara (kata yang dipakai) hingga volume suara.
Penilaian bahwa individu tersebut
percaya diri terhadap dirinya dan dengan apa yang dipakainya akan terlihat dari
cara berjalan dan mimik wajahnya. Melihat seorang individu yang percaya diri
dengan apa yang akan ditawarkannya akan terlihat dari cara berjabat tangan dan
sapaan pada pertama kalinya, termasuk volume suara. Terkadang, tanpa sadar pun,
penilaian terhadap individual itu pun sudah dilakukan, hanya dengan melihat
beberapa aspek yang jelas dari luar.
Untuk menjadi seorang individu
yang percaya diri dan memberi kesan pertama yang baik, pelatihan yang rutin perlu
dilakukan. Dengan menyadari setiap hal yang dilakukan dan berusaha untuk
mengubahnya akan membuat hal tersebut menjadi terbiasa pada akhirnya. Dalam sebuah
perusahaan, standar berkomunikasi, termasuk dari segi penampilan perlu
ditetapkan dan pelatihan perlu diberikan kepada para staff agar terjadi
keseragaman standar. Konsultan dalam bidang grooming ataupun customer service
bisa menjadi pilihan dalam membantu menetapkan standar penampilan dalam
perusahaan Anda.
For more details on Personality Development, please contact:
KIRTI PARKASH
+62 21 8378 3288
kirti.parkash@frontlinerinc.com
No comments:
Post a Comment