Pages

Thursday, September 19, 2013

Melayani dengan sikap dan pikiran positif

Pelayanan merupakan hal yang paling penting dalam sebuah perusahaan, walaupun perusahaan tersebut bergerak di bidang produk. Setiap staff yang bertanggung jawab melayani pelanggan harus bisa dan berani untuk menggunakan kompetensi mereka untuk melayani dan memebuhi keperluan pelanggan itu sendiri. Setiap pelanggan pasti akan memiliki keinginan, ditambah dengan sikap yang berbeda. Sebagai gatekeeper dari perusahaan, nama baik dan impresi perusahaan ada di tangan kita. Salah satu hal yang penting adalah sikap yang positif, agar impresi baik pun bisa dicapai. Sikap merupakan hal yang kecil, tetapi perlu diperhatikan karena dapat berdampak besar. Sikap kita dipicu oleh pikiran, dimana kalau pikiran kita positif, maka sikap kita pun akan mencerminkannya.

Selain pikiran, cermin diri juga merupakan salah satu hal yang perlu dipehatikan. Dengan mencari umpan balik untuk mengetahui kompetensi dan untuk introspeksi, akan lebih memudahkan dalam mengenal diri kita sendiri. Introspeksi diri dapat dilakukan dengan pengukuran Johari Window, dimana dapat diukur level keterbukaan diri kita. Setelah itu, meminta saran dari orang-orang terdekat, yang dapat dipercaya dan yang dapat memberi solusi akan membantu lebih dalam lagi.

Sebelum melayani pelanggan, tingkatkan motivasi diri dan sikap pemenang dalam diri, karena tanpa kedua hal tersebut, keinginan untuk melayani pelanggan dapat menjadi kurang maksimal. Walaupun disekeliling anda mendukung penuh aktivitas yang dilakukan, tetapi jika tidak ada keinginan dari dalam diri, semua akan menjadi sia-sia. Miliki sikap pemenang yang selalu berani mimpi, percaya dan melakukan mimpi tersebut. Sikap tersebut yang akan membantu untuk mencapai sukses yang lebih, dan tentunya menghasilkan apa yang diinginkan.

Sebuah contoh kasus di Indonesia, Franchise BonChon, merupakan salah satu contoh kasus yang membuktikan seberapa kuat mimpi dan sikap pemenang dalam diri. Michelle Elizabeth Surjaputra, pemilik 11 outlet BonChon, telah membuktikannya dengan cara yang fakta. Sebuah mimpi bisa diraih, walaupun ditambah dengan kerja keras, tetapi jika optimis dan percaya, maka hal yang diimpikan pun bisa menjadi kenyataan.

Kombinasi antara sikap dan pikiran yang positif, mengenal diri sendiri dengan introspeksi diri dan umpan balik, juga motivasi dan memiliki sikap pemenang akan menjadikan sebuah individu yang lebih percaya diri. Jika seseorang sebagai customer service memiliki sebagian besar dari hal tersebut, maka melayani pelanggan pun akan lebih dilakukan dengan cara yang benar, juga menurut dari kemampuan dirinya, dimana akan lebih mudah untuk dikerjakan, daripada dari hal yang dipaksakan.


Robert Schuller pernah mengkutip bahwa, “Kemenangan dimulai dari pertama.” Maka, mulailah dari sekarang dan berikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, dan dalam waktu yang bersamaan, ketahuilah dirimu dan gunakan kekuatanmu!


For more details on Positivity and Attitude in Consumer Behavior, please contact:
KIRTI PARKASH
+62 21 8378 3288
kirti.parkash@frontlinerinc.com

No comments:

Post a Comment