Selain pikiran, cermin diri juga merupakan
salah satu hal yang perlu dipehatikan. Dengan mencari umpan balik untuk
mengetahui kompetensi dan untuk introspeksi, akan lebih memudahkan dalam
mengenal diri kita sendiri. Introspeksi diri dapat dilakukan dengan pengukuran Johari Window, dimana dapat diukur level
keterbukaan diri kita. Setelah itu, meminta saran dari orang-orang terdekat,
yang dapat dipercaya dan yang dapat memberi solusi akan membantu lebih dalam
lagi.
Sebelum melayani pelanggan,
tingkatkan motivasi diri dan sikap pemenang dalam diri, karena tanpa kedua hal
tersebut, keinginan untuk melayani pelanggan dapat menjadi kurang maksimal.
Walaupun disekeliling anda mendukung penuh aktivitas yang dilakukan, tetapi
jika tidak ada keinginan dari dalam diri, semua akan menjadi sia-sia. Miliki
sikap pemenang yang selalu berani mimpi, percaya dan melakukan mimpi tersebut.
Sikap tersebut yang akan membantu untuk mencapai sukses yang lebih, dan
tentunya menghasilkan apa yang diinginkan.
Sebuah contoh kasus di Indonesia,
Franchise BonChon, merupakan salah
satu contoh kasus yang membuktikan seberapa kuat mimpi dan sikap pemenang dalam
diri. Michelle Elizabeth Surjaputra, pemilik 11 outlet BonChon, telah
membuktikannya dengan cara yang fakta. Sebuah mimpi bisa diraih, walaupun
ditambah dengan kerja keras, tetapi jika optimis dan percaya, maka hal yang
diimpikan pun bisa menjadi kenyataan.
Kombinasi antara sikap dan
pikiran yang positif, mengenal diri sendiri dengan introspeksi diri dan umpan
balik, juga motivasi dan memiliki sikap pemenang akan menjadikan sebuah
individu yang lebih percaya diri. Jika seseorang sebagai customer service memiliki sebagian besar dari hal tersebut, maka
melayani pelanggan pun akan lebih dilakukan dengan cara yang benar, juga
menurut dari kemampuan dirinya, dimana akan lebih mudah untuk dikerjakan,
daripada dari hal yang dipaksakan.
Robert Schuller pernah mengkutip
bahwa, “Kemenangan dimulai dari pertama.” Maka, mulailah dari sekarang dan
berikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, dan dalam waktu yang bersamaan,
ketahuilah dirimu dan gunakan kekuatanmu!
For more details on Positivity and Attitude in Consumer Behavior, please contact:
KIRTI PARKASH
+62 21 8378 3288
kirti.parkash@frontlinerinc.com
For more details on Positivity and Attitude in Consumer Behavior, please contact:
KIRTI PARKASH
+62 21 8378 3288
kirti.parkash@frontlinerinc.com
No comments:
Post a Comment